Subscribe:

Jumat, 11 November 2011

PROPOSAL PKM FKIP UNISSULA - TELUR BERBAGAI RASA

1.      JUDUL PROGRAM
“PENANAMAN SEMANGAT DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN ANAK-ANAK JALANAN KAWASAN PASAR JOHAR DENGAN PEMBERIAN PELATIHAN PEMBUATAN TELUR BERBAGAI RASA

2.      LATAR BELAKANG MASALAH
Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang memilik rasa yang lezat, mudah dicerna, dan bergizi tinggi. Selain itu telur mudah diperoleh dan harganya murah. Telur dapat dimanfaatkan sebagai lauk, bahan pencampur berbagai makanan, tepung telur, obat, dan lain sebagainya.
Telur terdiri dari protein 13 %, lemak 12 %, serta vitamin, dan mineral. Nilai tertinggi telur terdapat pada bagian kuningnya. Kuning telur mengandung asam amino esensial yang dibutuhkan serta mineral seperti : besi, fosfor, sedikit kalsium, dan vitamin B kompleks. Sebagian protein (50%) dan semua lemak terdapat pada kuning telur. Adapun putih telur yang jumlahnya sekitar 60 % dari seluruh bulatan telur mengandung 5 jenis protein dan sedikit karbohidrat.
Macam-macam telur adalah : telur ayam (kampung dan ras), telur bebek, puyuh dan lain-lain. Kualitas telur ditentukan oleh : 1) kualitas bagian dalam (kekentalan putih dan kuning telur, posisi kuning telur, dan ada tidaknya noda atau bintik darah pada putih atau kuning telur) dan 2) kualitas bagian luar (bentuk dan warna kulit, permukaan telur, keutuhan, dan kebersihan kulit telur).
Umumnya telur akan mengalami kerusakan setelah disimpan lebih dari 2
minggu di ruang terbuka.
Dewasa ini, telur telah menjadi kebutuhan dan bagian hidup manusia. Tanpa telur mustahil kita dapat membuat roti, kue dan macam-macam makanan lainnya. Beberapa jenis telur merupakan sumber makanan yang setara dengan daging dan ikan yang bergizi tinggi. Telur merupakan bahan makanan alternatif yang disukai (Preferency) oleh semua lapisan mayarakat.
Berikut adalah tabel nilai gizi telur dalam 100 gram bahan makanan. (100 garam itu, kira-kira 2 butir telur ayam kampung).

Tabel 1. Komposisi dan Kandungan gizi telur per 100 gram
Zat gizi
Telur ayam
Telur bebek
Telur penyu
Kalori (kcal)
162
189
144
Protein (gr)
12,8
13,1
12
Lemak (gr)
11,5
14,3
10
Karbohidrat (gr)
0,7
0,8
0
Vitamin A (SI)
900
1230
600
Thiamin (mg)
0,10
0,18
0,11
Vitamin C
0
0
0

Berbagai macam telur di dunia ini sangat baik dikonsumsi oleh manusia, diantaranya adalah telur bebek.
Telur bebek merupakan salah satu telur yang sangat di minati oleh masyarakat karena rasanya yang lezat. Ditinjau dari nilai gizi, telur bebek lebih banyak dibandingkan dengan telur-telur yang lain. Diantaranya sebagai pemulihan kondisi tubuh yang sedang lelah.
Konsumsi telur pada masyarakat juga berimbas pada perekonomian negara. Namun saat ini ada juga kalangan masyarakat yang tidak menyukai rasa yang ada pada telur bebek, nah untuk menumbuhkan daya tarik masyarakat yang tidak menyukai telur bebek maka kami mengembangkan daya kreativitas bernilai rupiah yang dapat memperbaiki kesejahteraan masyarakat dengan membuat telur bebek yang memiliki berbagai macam rasa, diantaranya adalah rasa coklat, strawberi, vanila dan kapucino.
Peluang usaha seperti ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, mengingat telur bebek selain mudah dalam penjualannya, telur bebek ini juga memililiki manfaat yang cukup banyak. Oleh karena itulah kami mengajukan program “PENANAMAN SEMANGAT DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN ANAK-ANAK JALANAN PASAR JOHAR DENGAN PEMBERIAN PELATIHAN PEMBUATAN TELUR DENGAN BERBAGAI RASA”. Dengan harapan program ini bisa menjadi peluang usaha baru dan dapat bermanfaat bagi perkembangan jiwa kewirausahaan anak-anak jalanan.

3.      PERUMUSAN MASALAH
Atas dasar permasalahan di atas, maka rumusan masalah dalam program ini adalah bagaimana menanamkan semangat dan jiwa kewirausahaan anak-anak jalanan di kawasan pasar Johar melalui pemberian pelatihan pembuatan telur dengan berbagai rasa? Bagaimanakah teknik pembuatan telur dengan berbagai rasa yang baik, serta analisis kelayakan usaha tersebut sehingga menjadikan suatu bisnis yang menguntungkan?


4.      TUJUAN PROGRAM
Dalam kegiatan program ini bertujuan untuk memanfaatkan peluang usaha sebagai sumber penghasilan anak-anak jalanan di kawasan pasar Johar, mengembangkan kreatifitas dan jiwa berwirausaha anak-anak jalanan di kawasan pasar Johar, serta mengetahui teknik pembuatan telur berbagai rasa yang benar dan mampu membuat analisis kelayakan usaha.

5.      LUARAN YANG DIHARAPKAN
            Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat ini merupakan suatu kreatifitas yang inovatif dalam menciptakan peluang usaha baru yang lebih terorganisir dengan baik, membentuk kepribadian anak-anak jalanan di kawasan pasar Johar yang mandiri, ulet dan kreatif dalam menangkap peluang bisnis yang ada sehingga anak-anak jalanan ini tidak hanya menggantungkan pekerjaan sebagai pengamen, pengemis di pasar Johar tetapi menjadi seorang calon entrepreneur muda yang tangguh dengan bekal ketrampilan yang ada.

6.      KEGUNAAN PROGRAM
Kegunaan program pengabdian masyarakat ini adalah membantu terwujudnya Sumber Daya Manusia yang lebih berkualitas melalui penciptaan lapangan kerja baik bagi anak-anak jalanan, pelaksana kegiatan maupun anggota masyarakat yang dipekerjakan dalam usaha ini, sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi pengangguran yang ada di negara ini.

7.      GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN
a.      Gambaran Umum Kondisi Pasar Johar
Pasar Johar beralamat di Jalan Agus Salim Kota Semarang. Pasar Johar Semarang dibuka mulai lebih dari seabad yang lalu. Pada tahun 1860 terdapat pasar yang menempati bagian timur alun-alun ini dipagari oleh deretan pohon johar ditepi jalan. Dari sinilah nama Pasar johar itu lahir. Lokasi pasar ini disebelah barat pasar Semarang yang disebut seagai Pasar Pedamaran, dan berdekatan pula dengan penjara sehingga menjadi tempat menanti orang yang menengok kerabat dan kenalan yang dipenjara. Pasar Johar menjadi semakin ramai dan memerlukan perluasan ruang. Setelah melalui proses pengkajian, akhirnya diadakan perluasan Pasar Johar dengan menebang pohon johar dan membangun los baru. Sampai dengan saat pasar ini masih dimiliki oleh pertikelir (swasta). Pada tahun 1931 itu gedung penjara tua yang terletak didekat pasar johar dibongkar sehubungan dengan rencana pemerintah kota untuk mendirikan Pasar Central modern. Pasar Central lantas memang didirikan dengan tujuan mempersatukan fungsi lima pasar yang telah ada, yaitu pasar johar, pasar pedamaran, pasar beteng, pasar jurnatan dan pasar pekojan. Adapun tapak pasar yang akan direncanakan melihat tapak pasar pedamaran, pasar johar, ditambah tapak rumah penjara, beberapa toko, sebagian halaman Kanjengan dan sebagian alun-alun.

b.      Uraian Permasalahan  
Permasalahan yang dihadapi adalah anak-anak jalanan ini kebanyakan adalah anak dari orang miskin sehingga orang tua mereka menyuruh anaknya untuk membantu mencari uang dengan cara mengamen dan mengemis di kawasan pasar Johar.
c.   Gambaran Umum Solusi Yang Ditawarkan
Berdasarkan kondisi kawasan pasar Johar yang merupakan salah satu pasar terbesar di kota Semarang pastinya banyak anak-anak jalanan yang berkeliaran di sekitar pasar Johar. Dengan demikian untuk mengurangi banyaknya anak jalanan yang ada di pasar Johar pembuatan telur berbagai rasa layak untuk di jadikan sebagai sebuah bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan masih belum ada penjual telur yang menjual telur dengan berbagai rasa.
Lokasi pembuatan yang berada di sekitar pasar Johar lebih mempermudah penjualan. Hal ini merupakan salah satu keunggulan dimana lokasi pembuatan berada di kawasan pasar Johar yang lebih dekat dengan konsumen akhir yang menjadi sasaran penjualan telur tersebut.
Melalui program ini, anak-anak jalanan tersebut akan diberikan pelatihan bagiamana membuat telur dengan berbagai rasa. Setelah itu mereka akan mengembangkan usaha yang lebih lanjut sampai diterjunkan ke pasaran. Diharapkan program ini bisa memberikan keterampilan baru, membangkitkan jiwa kewirausahaan, dan bisa menjadi tambahan sumber dana bagi kehidupan mereka.

8.      METODE PELAKSANAN PROGRAM
Dalam program ini, ada beberapa langkah yang akan ditempuh dalam pelaksanaannya, yaitu:
a.       Tahap persiapan
1.      Persiapan proposal oleh penyusun.
2.      Survey lokasi pasar Johar kota Semarang dan mencari data lebih lanjut mengenai anak-anak jalanan tersebut.
3.      Mendiskusikan program PKMM dengan anak-anak jalanan pasar Johar.
4.      Perumusan program PKMM yang akan dilaksanakan, adanya persetujuan dari kedua belah pihak untuk melaksanakan kerja sama dalam program ini. Ditandai dengan adanya surat pernyataan persetujuan bekerja sama.

b.      Tahap Pelaksanaan
Pelatihan pembuatan telur dengan berbagai rasa akan dilaksanakan selama dua bulan. Pada setiap akhir pekan, hari Sabtu dan Minggu pelatihan akan diberikan di rumah yang telah kami sewa. Adapun langkah-langkah yang akan dilaksanakan yaitu:
1.      Pendataan/ pendaftaran peserta pelatihan pembuatan telur dengan berbagai rasa.
2.      Penanaman semangat dan jiwa kewirausahaan anak-anak jalanan, dan menanamkan dalam jiwa anak-anak jalanan pentingnya berwirausaha.
3.      Pemberian penjelasan bagaimana pembuatan dan keunggulan dari telur dengan berbagai rasa.
4.      Menjelaskan manfaat yang bisa didapat dari pembuatan telur dengan berbagai rasa tersebut.
5.      Mempersiapkan tempat untuk pembuatan telur dengan berbagai rasa.
6.      Menjelaskan bagaimana cara pembuatan telur dengan berbagai rasa. Untuk telur yang akan digunakan ini akan didatangkan langsung dari daerah Tambak rejo yang sudah siap untuk di jadikan telur dengan berbagai rasa.
7.      Cara pembuatan telur berbagai rasa adalah sebagai berikut :
a. Mencampurkan perasa yang diinginkan dengan air secukupnya.
b. Telur dicuci terlebih dahulu, kemudian di tiriskan.
c. Isi putih telur bebek di sedot dengan suntik sebanyak 0,2 isi telur.
d. Masukkan perasa kedalam telur dengan menggunakan suntik sebanyak              0,2 isi telur.
e. Kemudian telur bebek di rebus hingga matang.
8.      Setelah hasil pembuatan didapat, kemudian telur-telur tersebut akan dipasarkan di pasar-pasar yang ada di Kota Semarang terutama pasar Johar.

c.       Tahap Akhir
1.      Evaluasi
Setelah pelatihan diberikan, akan dievaluasi bagaimana hasil dari program tersebut. Selain itu setelah diberikan pelatihan selama dua bulan, anak-anak diharapkan bisa mahir dalam membuat telur berbagai rasa dan bisa mengembangkan usaha tersebut untuk selanjutnya bisa dipasarkan baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan pihak pemasaran lainnya yang ada di Kota Semarang dan sekitarnya. Perihal lain yang penting yaitu tumbuhnya semangat dan jiwa kewirausahaan anak-anak jalanan tersebut.
2.      Pelaporan
Hasil dari program tersebut semuanya akan dilaporkan secara tertulis dengan lengkap dan sesuai dengan hasil yang dicapai di lapangan.



9.      JADWAL KEGIATAN PROGRAM
Jadwal Pelatihan Budidaya Jamur Tiram di Panti Asuhan

No
Kegiatan
Bulan
I
II
III
IV
V
1
Persiapan





2
Mensurvey Lokasi





3
Pelatihan





4
Pengawasan dan Pemasaran





5
Penyusunan Laporan Akhir






10.  NAMA DAN BIODATA KETUA SERTA ANGGOTA KELOMPOK
Ketua Pelaksana
a.       Nama Lengkap                                    : Jubirman
b.      NIM                                                    : 422110016
c.       Fakultas / Program Studi                    : Pendidikan Matematika
d.      Perguruan Tinggi                                 : Universitas Islam Sultan Agung
e.       Waktu untuk Kegiatan PKM              : 3 Jam / Minggu
f.       Tanda Tangan


Jubirman

Anggota Pelaksana I
a.    Nama Lengkap                                    : Muh. Ary Anshori Hadi
b.     NIM                                                   : 422110025
c.    Fakultas / Program Studi                     : Pendidikan Matematika
d.   Perguruan Tinggi                                 : Universitas Islam Sultan Agung
e.    Waktu untuk Kegiatan PKM              :  3 Jam / Minggu
f.     Tanda Tangan
                                        

Muh. Ary Anshori Hadi

Anggota Pelaksana II
a.       Nama Lengkap                                    : Khairul Amri
b.      NIM                                                    : 412110014
c.  Fakultas / Program Studi                      : FKIP /Pendidikan Bahasa Indonesia
d. Perguruan Tinggi                                  : Universitas Islam Sultan Agung
e. Waktu untuk Kegiatan PKM                : 3 Jam / Minggu
f. Tanda Tangan


Khairul Amri

Anggota Pelaksana III
a.    Nama Lengkap                                    : Erwan Maulana
b.     NIM                                                   : 412110005
c.    Fakultas / Program Studi                     : Pendidikan Bahasa Indonesia
d.   Perguruan Tinggi                                 : Universitas Islam Sultan Agung
e.    Waktu untuk Kegiatan PKM              :  3 Jam / Minggu
f.     Tanda Tangan


Erwan Maulana

Anggota Pelaksana IV
a.    Nama Lengkap                        : La Madira
b.    NIM                                        : 412110016
c.    Fakultas / Program Studi         : FKIP /Pendidikan Bahasa Indonesia
d.   Perguruan Tinggi                     : Universitas Islam Sultan Agung
e.    Waktu untuk Kegiatan PKM  : 3 Jam / Minggu
f.     Tanda Tangan                          :



Lamadira

11.  NAMA DAN BIODATA DOSEN PENDAMPING
1.  Nama Lengkap dan Gelar                    :  Nuridin, S.Ag, M.Pd
2.   NIK                                                     :  211506012
3.   Golongan Pangkat                              :  III C
4.   Jabatan Fungsional                              :  Lektor
5.  Jabatan Struktural                                : 
6.   Fakultas/ Program Studi                     :  FKIP
7.   Perguruan Tinggi                                 :  Universitas Islam Sultan Agung
8.   Bidang Keahlian                                 :  Managemen Pendidikan
 9.  Waktu untuk kegiatan PKM               :  3 Jam/ Minggu

12.  BIAYA
Rancangan biaya yang dibutuhkan dalam program ini perinciannya sebagai berikut:
KETERANGAN
SATUAN
HARGA / SATUAN (Rp)
JUMLAH (Rp)
1. Persiapan



     - Kertas
1 rim
  40.000,00
    40.000,00
     - Tinta Printer
1 buah
  45.000,00
    45.000,00
-          Flashdisk
1 buah
150.000,00
  150.000,00
Total
  235.000,00
2. Survey Lokasi



     - Biaya Perjalanan
20 liter bensin
6.000,00
   120.000,00
-      Konsumsi (makan+minum)


   300.000,00
Total
   420.000,00
3. Peralatan dan Bahan



- Telur bebek
100 Butir
    2.500,00
   250.000,00
-    Suntik
100 Biji
    5.000,00
   500.000,00
- Perasa Cokelat
1 Kg
  25.000,00
     25.000,00
- Perasa Vanila
1 Kg
  27.000,00
     27.000,00
- Perasa Strawberi
1 Kg
  23.000,00
     23.000,00
- Perasa Kapucino
1 Kg
  21.000,00
     21.000,00
- Ember
2 Buah
  45.000,00
     90.000,00
- Kompor
1 Buah
750.000,00
   750.000,00
- Panci
2 Buah
  65.000,00
   130.000,00
- Gas elpiji
12 Kg
  75.000,00
     75.000,00
- Solasi
5 Buah
  15.000,00
     75.000,00
- Gelas Mug
10 Buah
  10.000,00
   100.000,00
- Galon dan Air
2 Buah
  50.000,00
   100.000,00
- Pisau
5 Buah
  15.000,00
     75.000,00
- Gunting
10 Buah
    7.000,00
     70.000,00
- Sendok
1 lusin
  35.000,00
     35.000,00
- Sewa Rumah
2 Bulan

2.000.000,00
- Irus
2 Buah
  20.000,00
     40.000,00
- Baskom
5 Buah
    7.000,00
     35.000,00
- White board
1 Buah
300.000,00
   300.000,00
- Spidol
2 Buah
    7.000.00
       7.000,00
- Piring plastik
1 Lusin
  40.000,00
     40.000,00
Total
4.768.000,00
4. Pelatihan



      - Konsumsi Pelatihan  (makan besar+snack+minum)


1.000.000,00
      - Biaya Perjalanan
30 liter bensin
6.000,00
   180.000,00
Total
1.180.000,00
5. Penyusunan Laporan Akhir



     - Dokumentasi


   300.000,00
     - Penyusunan Laporan Akhir


   100.000,00
     - Penggandaan Laporan
6 eksemplar
20,000.00
   120.000,00
                                                  Total
   520.000,00
Jumlah


6.406.000,00






Rekapitulasi Dana Kegiatan
1. Persiapan                                                     : Rp    235.000,00
2. Survey Lokasi                                             : Rp    420.000,00
3. Peralatan dan bahan                                    : Rp 4.768.000,00
4. Pelatihan                                                     : Rp 1.180.000,00
4. Penyusunan Laporan Akhir                                    : Rp    520.000,00  +
 

           Jumlah                                                        Rp 7.123.000,00










USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

JUDUL PROGRAM :
PENANAMAN SEMANGAT DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN ANAK-ANAK JALANAN KAWASAN PASAR JOHAR DENGAN PEMBERIAN PELATIHAN PEMBUATAN
TELUR BERBAGAI RASA

BIDANG KEGIATAN :
PKM- PENGABDIAN MASYARAKAT

Diusulkan Oleh :

JUBIRMAN (422110016 / 2011)
MUH. ARY ANSHORI HADI (422110025 / 2011)
KHAIRUL AMRI (412110014 / 2011)
ERWAN MAULANA (412110005 / 2011)
LA MADIRA (412110016 / 2011)


UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG
SEMARANG
2011


Tidak ada komentar:

Posting Komentar